Mengenal Fungsi Contour pada coreldraw

Mengenal Fungsi Contour didalam coreldraw
Serupa dengan blend, contour (yang berarti kontur; tinggi rendahnya permukaan) menjembatani dua object dengan cara membentuk object- object baru lainnya. Bedanya, dalam contour, object tujuan blend atau object kedua tidak dibutuhkan.
Perlu diketahui, bahwa banyak pengguna Coreldraw yang menggunakan blend sebagai sarana untuk membuat gradasi. Pada contoh, tampak dua lingkaran yang di- blend sedemikian rupa sehingga tampak seperti bola/ sphere. Contour bekerja dengan cara yang serupa, hanya dengan satu object saja.
Bila posisi object pertama dan kedua sama persis, mungkin contour lebih cocok daripada blend.


Sebagai contoh aplikasi, untuk membuat potongan batang pohon dycotile, anda cukup membuat bagian terluar saja. Dengan interactive contour tool, tarik bagian luar object ke arah pusat. Bila perlu, ubah setting pada property bar interactive contour.



Meski letak object tujuan contour yang dibuat secara otomatis tidak dapat diatur letaknya seperti pada blend, warna dan outline- nya masih dapat diatur. Oleh karena itu, contour juga dapat digunakan pada kasus seperti pada contoh, dimana pembuatnya berniat memperhalus silhouette dari object kuning ber- background biru ini.



Ada tiga mode contour yang dapat digunakan;

  1. To center, yang membuat contour ke arah tengah sampai tidak mungkin dibuat contour lagi,
  2. Inside, yang membuat contour juga ke arah tengah, namun hanya sebatas gerakan drag yang anda berikan, dan
  3. Outside, yang membuat contour ke arah luar, sejauh drag yang anda berikan. Jenis outside dapat dianggap contour tak terbatas karena dapat diaplikasikan hingga 999 langkah, menghasilkan gradasi warna yang halus.

Kreatifitas dalam menggunakan blend maupun contour sangat penting dalam pemberian warna, khususnya dalam gradasi. Perhatikan bahwa gradasi warna yang dibicarakan dalam contour dan blend adalah gradasi vector, yaitu perbedaan warna per- object, atau tepatnya object perantara, bukan gradasi warna sebagai fill dalam satu object.
Bedakan dalam contoh ini.

Contoh 1


gradasi vector

Contoh 2


gradasi warna
Semoga bermanfaat.  Artikel berikutnya kita akan membahas tentang Penggunaan Tool Envelope Coreldraw

Indahnya Berbagi, silahkan di Like / share ! :

Ingin artikel seperti » Mengenal Fungsi Contour pada coreldraw « langsung di kirim ke email? Silahkan masukan alamat email anda untuk mendapatkannya,
{GRATIS}

CATATAN: Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi / Aktivasi berlangganan artikel gratis ini !!

*) INFO - Untuk list artikel lengkap kategory " Tutorial CorelDRAW " kunjungi » DAFTAR ISI BLOG NIRWANA SITOEKING

Advertisement

Tertarik Dengan Bisnis Online Sistem Dropship, Silahkan baca dulu artikelnya di › Cara Dropship Dalam Jual Beli Online Dan Begabunglah Dengan Toko Online Berikut : Centra Belanja - Grosir Online Murah – No Minimum Order

Luangkan waktu anda untuk mengomentari artikel Mengenal Fungsi Contour pada coreldraw ini !!